Penulis / NIM
YULYANA SUE / 451409039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Yulyana Su’e. NIM. 451 409 039 “Aspek-aspek kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Geografi” (Suatu Penelitian Di SMA Negeri 1 Kwandang). Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Geografi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan bapak Dr. Masri Kudrat Umar, S.Pd, M.Pd dan ibu Supatin, M.Pd. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Aspek-aspek kreativitas siswa apa saja yang terdapat dalam pembelajaran geografi. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengambil subjek penelitian pada siswa kelas X1 IPS1 SMA Negeri 1 Kwandang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 17 orang yang terdiri dari empat orang pengamat. Kreativitas adalah sebuah cara mengapresiasikan diri kita terhadap suatu masalah, dengan menggunakan berbagai cara yang datang secara spontanitas dan merupakan hasil dari sebuah pemikiran yang kita peroleh dalam menemukan sesuatu yang baru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aspek-aspek kreativitas siswa SMA Negeri I Kwandang khususnya kelas X1 IPS1 dalam pembelajaran geografi terdiri dari sebelas indikator yaitu ke lancaran berpikir, keluwesan berpikir, rasional berpikir, elaborasi, menilai, imajinatif, keaslian berpikir, menghadapi tantangan, ingin tahu, berani mengambil resiko, menghargai.
Kata kunci: kreativitas siswa, aspek-aspek belajar siswa
Download berkas