Penulis / NIM
RATNA PATILIMA / 451409040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
????Ratna Patilima.2013 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajarn Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Geografi (Benua Dan Samudera) terhadap siswa kelas SMP Negeri I Pinogaluman. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) materi Geografi (Benua dan Samudera) dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) materi Geografi (Benua dan Samudera) dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw terhadap siswa kelas SMP Negeri I Pinogaluman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dikelas SMP Negeri I Pinogaluman. Karakter subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas yang berjumlah 20 0rang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran geografi tentang pokok pembahasan benua dan samudera melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di kelas SMP Negeri I Pinogaluman, menunjukan ketuntasan yang di peroleh siswa pada observasi awal ketuntasan hanya berjumlah 6 orang atau sebesar 30%, pada siklus I meningkat menjadi 8 orang atau 40% dan pada siklus II ketuntasan mengkat lagi menjadi 17 orang atau 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat mengkatkan hasil belajar siswa kelas SMP Negeri I Pinogaluman pada mata pelajaran geografi materi Benua dan Samudera.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Download berkas