Penulis / NIM
NURUL AENI / 451409042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK
Nurul, Aeni. 2013. Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrologi (Sebuah Penelitian Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tibawa).Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II : Raghel Yunginger, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media komik dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media power point pada pokok bahasan hidrologi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tibawa. Pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling, dalam penelitian ini berjumlah 56 orang dari SMA Negeri 1 Tibawa pada kelas XC dan kelas XF sebagai subjek penelitian. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar (9 item). Analisis data untuk menguji menggunakan uji-t dan diperoleh nilai thitung sebesar 2,2427 pada taraf signifikan ? = 0,05 dan diperoleh ttabel sebesar 1,673, maka thitung > ttabel dan nilai rata-rata yang menggunakan media komik adalah 42,70 atau 73 % dan nilai rata-rata yang menggunakan media power point adalah 39,36 atau 66 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan media komik dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan media power point pada pokok bahasan hidrologi. maka dapat dikatakan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan menggunakan media komik lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan menggunakan media power point.
Kata Kunci: Media Komik, Media Power Point, Hasil Belajar
Download berkas