Penulis / NIM
IRMAWATY DANTUMA / 451409043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Irmawaty Dantuma, 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi (Suatu Penelitian Eksperimen Di SMAN I Bongomeme). Skripsi, Program Studi Geografi. Jurusan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing (kelas eksperimen) dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Langsung (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN I Bongomeme dan Sampel dalam penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, kelas XA sebagai kelas eksperimen dan XB sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Post test-Only Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Data hasil penelitian di uji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik dengan rumus chi-kuadrat dan diperoleh nilai ?2hitung ??2tabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 1,3713 11,070 dan untuk kelas kontrol 0.8783 11,070. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas data tersebut terdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan t hitung > ttabel yaitu 4,92 1,980. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing dan yang menggunakan model pembelajaran Langsung.
Kata Kunci : Bamboo Dancing, hasil belajar, dan Hidrosfer
ii
ABSTRACT
Irmawaty Dantuma, 2013. Effect Of Cooperative Learning Model Type Of Bamboo Dancing Of Student Result In Geography Learning. ( An experiment study in the SMAN 1 Bongomeme).Skripsi, Geography Education Studies Program, Department Of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo.
This research intent to know what available difference which among usufructs studying among brazes that utilize Cooperative learning model type Bamboo Dancing (experiment class) and class that utilize Direct learning model (class control). Population on observational it is exhaustive student braze X SMAN Bongomeme and Sample in observational prescribed by use of tech Cluster Random is Sampling , class x A as class of experiment and x B as class of control. Observational design that is utilized on this research is utilize Post is Only Design test . Data collecting is done by use of instrument test. Observational yielding data at its normality test by use of statistic test with chi's formula square and gotten by point ? 2 calculate = ? 2 table which is for experiment class as big as 1,371311,070 and for class to control 0.8783 11,070. Observational yielding data it points out that for class second that data most normal distribution. Of hypthosts testing result is gotten t calculate>t table which is 4,92 1,980. So of yielding it points out that exists distinctive one to usufruct student studying that utilize Cooperative learning model type Bamboo Dancing and one utilizes Direct learning model .
Keyword : Bamboo Dancing , learned result, and Hidrosfer
Download berkas