Penulis / NIM
SITI MARNUN / 451409045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
Siti Marnun, 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Open Lesson Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Topik Lingkungan Hidup”. Penelitian ini mengkaji tentang Open Lesson. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Lingkungan Hidup melalui Open Lesson berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini ditujukan untuk melihat apakan dengan menggunakan Open Lesson berbasis kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Gorontalo. Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamatan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran, lembar pengamatan kegiatan guru selama proses belajar mengajar, lembar evaluasi hasil belajar. Hasil belajar siswa pada siklus I terlihat bahwa nilai persentase siswa yang tuntas sebesar 59,26%, sedangkan nilai persentase siswa yang tidak tuntas sebesar 40,74%, dengan rata-rata kelas 71,1. Setelah dilakukan perbaikan aspek-aspek yang masih dianggap kurang baik dari kegiatan siswa, kegiatan guru serta perencanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada siklus II. Terjadi peningkatan hasil belajar, dimana pada siklus II nilai persentase siswa yang tuntas mencapai dan 81,5% dan siswa yang tidak tuntas mengalami penurunan yaitu dengan persentase sebesar 18,5%, dan rata-rata kelas 80,52. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Open Lesson berbasis kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Open Lesson, Hasil belajar siswa.
Download berkas