SKRIPSI

Penulis / NIM
HUSEN / 451409046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
Husen (NIM. 451 409 046). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap kemampuan bertanya Pada Mata Pelajaran Geografi Topik Hidrosfer SMA Negeri 4 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang berdesain “Post test only Control group Design”. Permasalahan dalan penelitian ini yaitu apakah implementasi pembelajaran dengan menggunakan pemberian reward berpengaruh terhadap kemampuan bertanya siswa pada mata pelajaran Geografi topik hidrosfer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi pemberian reward secara individu terhadap kemampuan bertanya pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Gorontalo tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester 2 SMA Negeri 4 kota Gorontalo yang terbagi dalam 7 kelas sebanyak 155 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Terpilih siswa kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X3 sebagai kelas kontrol. Pada proses pembelajaran berlansung kedua kelas dinilai dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes autentik. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 5,16. Untuk dk = (n1 + n2- 2) = 43 dan taraf ? = 1 – ½(0,05) = 0,975, ttabel = 2,02. Jadi thitung > ttabel = 5,16> 2,02, denegan demikian hipotesis H0 ditolak dan menerimah hipotesis H1. Artinya rata-rata Kemampuan bertanya siswa Geografi yang diajar dengan menggunakan pemberian reward secara individu lebih besar dari pada rata-rata kemampuan bertanya siswa Geografi yang diajar dengan tidak diberikan reward.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan bertanya siswa kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan bahwa pemberian reward secara individu berpengaruh terhadap kemampuan bertanya siswa pada topik hidrosfer di kelas X SMA Negeri 4 Kota Gorontalo, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan pemberian reward dan menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya. Kata kunci: Pemberian Reward, Kemampuan Bertanya
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011