SKRIPSI

Penulis / NIM
NUSLAN NASRUN / 451409048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK Nuslan Nasrun. 2015.Pengembangan Media Realia Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Lingkungan Hidup. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran yang bahannya berasal dari lingkungan sekitar. Hasil pengembangan berupa Pengembangan Media Realia pada Mata Pelajaran Geografi Materi Lingkungan Hidup, dengan objek penelitian tujuh belas orang yang terdiri dari dosen, guru mata pelajaran geografi dan mahasiswa. Dengan aspek yang dinilai dalam media realia adalah ; 1) kesesuaian media dengan tujuan pembelajaran, 2) kesesuaian media dengan karakteristik siswa, 3) kemudahan pembuatan media, 4) kelayakan media yang dirancang dapat digunakan atau dioprasikan, 5) kesesuaian waktu pembelajaran, 6) murah, 7) menarik, 8) mendorong siswa belajar, 9) media yang dirancang menggunakan bahan dari lingkungan sekitar, 10) media mampu menjelaskan lingkungan hidup. Penelitian pengembangan ini menilai materi yang disajikan dalam pengembangan media realia. Adapun aspek yang dinilai adalah sebagai berikut. 1). Kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran, 2) Lingkungan biotic dan abiotik, 3). Manusia, 4). Hewan, 5). Tumbuhan, 6). Air, 7). Tanah, 8). Udara, 9). Produsen, 10). Konsumen, 11). Bakteri pengurai, 12). Individu, 13). Populasi, 14). Komunitas. Kata kunci: Pengembangan, media realia ABSTRACT Nuslan Nasrun. 2015. In the Media Development realia Subject Matter Environmental Geography. This research was conducted to develop the development of instructional media material from the surrounding environment. The result of the development is the development of realia media on subjects geography environmental material, with the object of research seventeen people consisting of teachers, subject teachers of geography, and students. With aspects that are assessed in the media realia is 1). suitability mediadengan learning objectives, 2). the suitability of the media with the characteristics of students, 3). ease of making the media, 4). feasibility media designed to be used or operated, 5). suitability of learning time, 6). inexpensive, 7). Interesting, 8). encourage students to learn, 9). media designed using materials from the surrounding environment, 10). able to explain the environmental media. This study assesses the development of the material presented in the media development realia. The aspects considered are as follows. 1). suitability materidengan learning objectives, 2). biotic and abiotic environment, 3). man, 4). animals, 5) .tumbuhan, 6). water, 7). land, 8). air, 9). producers, 10). consumers, 11). bacterial decomposition, 12). individuals, 13). population, 14). community. Key words: development, media realia
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011