SKRIPSI

Penulis / NIM
FAHRI POMOLANGO / 451409054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Fahri Pomolango. 2013. Penggunaan Integrasi Model Pembelajaran Kooperative Tipe Talking Stick dan Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Siswa pada Topik Hidrosfer. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Integrasi Model Pembelajaran Kooperative Tipe Talking Stick dan Examples Non Examples dengan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Metode Examples Non Examples. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Prasetya Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Posttest Only Control Design dan Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui test essay. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik uji kesamaan dua rata-rata, dengan pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas, realibilitas, dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh Integrasi Model Pembelajaran Kooperative Tipe Talking Stick dan Examples Non Examples dapat terlihat dengan adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan Integrasi Model Pembelajaran Kooperative Tipe Talking Stick dan Examples Non Examples dengan kelas kontrol yang menggunakan Metode Examples Non Examples, yaitu diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (X1) = 83,37 dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol (X2) = 76,86 dimana kelas eksperimen memiliki hasil belajar 6,51% lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan uji beda dua rata-rata hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung = 2,78 untuk ? = 0,05 diperoleh nilai tdaftar = 2,021, dimana thitung berada di luar daerah penerimaan ho, sehingga ho ditolak dan h1 diterima. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan integrasi model Pembelajaran Kooperative Tipe Talking Stick dan Examples Non Examples terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick, Metode Examples Non Examples, Hasil belajar siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011