Penulis / NIM
IRMA YUNUS BUMULO / 451409055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Irma Yunus Bumulo. Nim. 451409055. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kuantum pada materi lingkungan hidup. Jurusan fisika, prodi Geografi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo 2013. Tujuan dari penelitian, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kuantum dan sumber belajar. Siswa yang menjadi subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Limboto yang berjumlah 20 orang. Data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kuantum dan sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas XI IPS SMA Negeri 2 Limboto pada mata pelajaran Geografi materi lingkungan hidup, dengan hasil belajar siswa pada siklus I dari 20 orang siswa, hanya 9 orang yang tuntas yang mencapai kriteria ketuntasan sebesar 45% , dan selanjutnya diperbaiki pada siklus II dari 20 orang siswa yang tuntas mencapai 17 orang sebesar 85%. Dengan demikian berdasarkan indikator keberhasilan yang di tentukan telah tercapai dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa,Model Pembelajaran Kuantum, Sumber Belajar
Download berkas