Penulis / NIM
NILA RAHMATIAH / 451409058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Nila Rahmatiah, NIM 451 409 058, Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk-Bentuk Muka Bumi, (suatu penelitian pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tolinggula). Skipsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan ibu Dr. Fitryan Lihawa, M.Si dan ibu Nurfaika, S.Si, M.Sc. Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMP Negeri 1 Tolinggula kelas VII yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran geografi terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk-bentuk muka bumi dengan desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control desain. Dalam penelitian ini melibatkan 2 kelas sebagai objek penelitian masing-masing terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tolinggula menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil dua kelas sebagai sampel, yang teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling. Setelah penelitian ini dilakukan dan data telah diperoleh maka data-data tersebut diolah secara statistika untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis menujukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen setelah diberi perlakuan adalah 72 sedangkan kelas kontrol 68,41. Berdasarkan analisis uji t yang digunakan, menunjukkan bahwa kriteria pengujian hipotesis diperoleh thitung = 3,068 > ttabel = 2,042, yang berarti H0 ditolak, ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata kunci: Media Animasi, Hasil Belajar
Download berkas