Penulis / NIM
TASLIM / 451409059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
TASLIM. 2014" Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual ( Contekstual Teaching And Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam"Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar M.Pd dan Pembimbing II Muhammad Kasim, ST MT. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan penerapan Pendekatan CTL yang digunakan dalam pembelajaran Geografi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan kelompok perlakuan ( XI - 1) dan kelompok kontrol (XI - 2). Lebih jauh penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan Pendekatan CTL dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan PAKEM.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA.AN-Nur Gio. Sampel diambil dengan menggunakan tekhnik cluster random sampling. Instrument penelitian menggunakan tes.Pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji t diperoleh t_hitung>t_tabel atau 17,24>2,093. Kesimpulannya Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan Pendekatan CTL dalam pembelajaran dengan kelas yang menggunakan Pendekatan PAKEM.
Kata Kunci :Hasil belajar siswa, pendekatan CTL. Pendekatan PAKEM
Download berkas