Penulis / NIM
NURIANI N. BATALIPU / 451409061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Abstrak
Nuriani N Batalipu. 2014. "Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI SMA Prasetya Gorontalo". Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Geografi di Kelas XI SMA Prasetya Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuntitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS di SMA Prasetya Gorontalo dan sampel pada penelitian ini sejumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan tes. Angket diberikan kepada siswa kelas XI IPS setela selesai proses belajar. Data hasil penelitian diuji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik yaitu dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat dan diperoleh nilai 2hitung â 2tabel yaitu untuk kedisiplinan belajar siswa sebesar 5.063 < 11.070 dan untuk hasil belajar sebesar 5.691 < 9,488. Maka baik variabel X maupun Variabel Y benar-benar berdistribusi normal. Hasil analisis data yaitu analisis regresi dan korelasi diperoleh persamaan regresi dan hipotesis = 10.1483 + 0.4332. Sedangkan pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koefisien korelasinya r2 = 0.5359 dan koefisien korelasi determinasi r2 = 0.2871 atau 28.71%. Sehingga dapat disimpulkan Terdapat Pengaruh Positif dan Signifikan Antara Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI SMA Prasetya Gorontalo.
Kata Kunci :Kedisiplinan Belajar Siswa ,Dan Hasil Belajar
Download berkas