Penulis / NIM
DESI SURAFNI / 451409067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
DESI SURAFNI.’’ Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kombin asi Tipe STAD dan TGT Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hidrosfer.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan Model pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe STAD dan TGT dengan hasil belajar siswa yang hanya menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen dengan Desain penelitian ini Pretest-Control Gruop Desaign Control Group dan Postest-Only Control Desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tapa. Sampel di ambil dengan menggunakan teknik dengan menggunakan teknik cluster sampling kemudian di random untuk mengetahui kelas eksperimen kelas eksperimen dan kelas Kontrol. Setelah di random didapatkan X5, jumlah siswa sebanyak 26 orang dan Kontrol adalah X2 dengan jumlah siswa 27 orang. Teknik analisi data menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan rumus uji lilefors. Dari hasil analisis data pada diperoleh ?=0.05 thitung= 5,902 dan ttabel= 2,02 maka artinya bahwa thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel), maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1 diterima. Yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberi perlakuan kooperatif kombinasi STAD dan TGT dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan Kombinasi STAD dan TGT. Berdasarkan hal tersebut diketahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe STAD dan TGT terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Kooperatif Kombinasi Tipe STAD dan TGT dan Hasil Belajar Siswa
Download berkas