SKRIPSI

Penulis / NIM
SANTRIANI HASAN / 451409069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Santriani Hasan, 2013. “Pengembangan Model Pembelajaran Geografi Melalui Penggunaan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar (LS2B) Dalam Pembelajaran Geografi”. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di SMA Negeri 4 Gorontalo pada kelas XI IPS4 . Hasil pengembangannya berupa Model Pembelajaran Kooperatif Lingkungan Sebagai Sumber Belajar, dengan langkah- langkah pembelajaran meliputi; (1) memberikan apersepsi, (2) memberikan motivasi, (3) menyampaikan tujuan pembelajaran, (4) menyampaikan materi yang akan disajikan, (5) menuju tempat (lingkungan) yang menjadi sumber belajar, (6) mengorganisasikan siswa kedalam beberapa kelompok, (7) meminta siswa untuk mencatat berbagai hal yang mereka temukan di lingkungan yang ada kaitannya dengan materi pembelajaran, (8) membagi LKS dan Bahan ajar kepada siswa, (9) membimbing siswa untuk mengerjakan LKS, (10) meminta perwakilan dari masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil yang mereka dapatkan, (11) memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk bertanya, (12) guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran, (13) memberikan penghargaan, (14) evaluasi dalam bentuk pertanyaan secara lisan, dan (15) memberikan tugas kepada siswa untuk membuat laporan mengenai apa yang mereka dapatkan. Kata kunci: pengembangan, sumber belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011