Penulis / NIM
FEBRIYANTI ABAS / 451409072
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
FEBRIYANTI ABAS. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) Termodifikasi dalam pelajaran geografi materi litosfer di SMAN 2 Limboto. Pembimbing: (I) Dr. Nawir Sune M.Si. Pembimbing: (2) Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T.
Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan dengan disertai perbaikan tiap siklusnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XD dengan jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa format penilaian hasil belajar siswa ranah kognitif, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, dan catatan lapangan serta instrumen pembelajaran meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lengkap dengan LKS, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Penerapan pembelajaran TPS termodifikasi menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 50 % dan siklus II mencapai 83% sehingga terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa hingga 33 %. Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai 56 % dan pada siklus II mencapai 82% maka keterlaksaan pembelajaran naik hingga mencapai 38 %. Peningkatan juga terjadi pada kegiatan guru dan aktifitas siswa yang dimana pada siklus I untuk kegiatan guru itu mencapai 53% dan siklus II naik hingga 82 % sehingga peningkatan yang terjadi pada siklus I dan II mengalami peningkatan hngga 35 % sedangkan untuk aktifitas siswa pada siklus I persentase mencapai 59% dan siklus II mencapai 80% maka untuk aktifitas siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan hingga 21%.
Kata kunci: Model Pembelajaran TPS termodifikasi, hasil belajar.
Download berkas