Penulis / NIM
SRIWAHYUNINGSIH ISMAIL / 451409074
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Sriwahyuningsih Ismail. 2013 Pengaruh Penerapan Model Active Knowledge Sharing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Topik Hidrosfer (suatu penelitian di SMA N 1 Tibawa). Pembimbing I Asri Arbie, dan Pembimbing II Daud Yusuf.
Penelitian ini merupakan studi eksperimen yang dilaksanakan di SMA N 1 Tibawa yang mengkaji tentang motivasi belajar dengan menerapkan model Active Knowledge Sharing pada Topik Hidrosfer. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Active Knowledge Sharing terhadap motivasi belajar siswa. Pengaruh model Active Knowledge Sharing dapat dilihat dari ada atau tidaknya perbedaan di kelas yang menggunakan model Active Knowledge Sharing dengan kelas yang menggunakan model Cooperative Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Tibawa. Pada penelitian ini diambil dua kelas sebagai sampel penelitian yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa berupa instrument angket. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh model Active Knowledge Sharing dapat terlihat adanya perbedaan motivasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan model Active Knowledge Sharing dan kelas yang tidak menggunakan Active Knowledge Sharing, yaitu kelas eksperimen memiliki motivasi belajar 86,2 dan kelas kontrol memiliki motivasi belajar 75,0.
Kata kunci : Model Active Knowledge Sharing, Motivasi Belajar, Topik Hidrosfer
Download berkas