Penulis / NIM
RUMIATI TANGGALANG / 451409076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
Rumiati Tanggalang. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Kualitas Lingkungan Hidup (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri I Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan). Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Team Pembimbing Bapak Dr. Nawir Sune, M.Si, Bapak Muh. Kasim, S.T, M.T. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kualitas lingkungan hidup melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinangkung Utara. Karakteristik subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 26 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran geografi tentang materi kualitas lingkungan hidup melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) di kelas XI IPS SMA Negeri I Tinangkung Utara, menunjukan ketuntasan yang diperoleh siswa pada observasi awal ketuntasan hanya berjumlah dari 10 orang atau 38,46 % pada siklus I meningkat menjadi 14 orang siswa atau 53,58% dan pada siklus kedua ketuntasan meningkat lagi menjadi 22 orang atau 84,65%. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Tinangkung Utara Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Kualitas Lingkungan Hidup.
Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Download berkas