Penulis / NIM
NOVRIANTI TONDAKO / 451409077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
Novrianti Tondako. NIM. 451 409 077. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kondisi Fisik Wilayah Indonesia. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Nova E. Ntobuo, S.Pd M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dan Student Team Achievement Devision.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Two Group Post Test dengan populasi seluruh kelas VIII MTs Negeri Gorontalo tahun pelajaran 2014/2015. Sampel Penelitian terbagi dua kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 dan model pembelajaran Student Team Achievement Devision sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukkan nilai varians total sebesar 77,26 dan = 90,62. Sehingga diperoleh harga X2 hitung sebesar 0,04 sedangkan pada taraf nyata = 0.01 diperoleh X2 (1-0.01)(2-1) = X2 (0.09)(1) = 3,84. Hal ini menunjukkan harga X2 hitung lebih kecil dari X2 daftar sehingga dapat disimpulakan bahwa data hasil penelitian memiliki varians populasi yang homogen. Sedangkan dalam perhitungan homogenitas diperoleh t = 5,90. terima H0 jika â't(1-) < t < t(1-) dengan taraf nyata = 0.01 dan dk = n1+n2-2. Dari daftar distribusi diperoleh t(1-0.005))36+36-2) = t(0.995)(62) = 2,02. Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa hitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan skor rata-rata 80,94 jika dibandingkan dengan model pembelajaran tipe student team achievemen devision yang hanya mencapai skor rata-rata 66,26. Sehingga hipotesis yang berbunyi "terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada materi kondisi fisik wilayah indonesia melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan Student Team Achievemen Devision (STAD) " dapat diterima.
Kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif Tipe Number Head Together, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievemen Devision, Hasil Belajar.
Download berkas