Penulis / NIM
IRIN PURNAMA SARI / 451409079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Irin Purnama Sari 2013, “Hubungan Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Geografi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat besarnya hubungan antara minat baca siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips geografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi. Sampel penelitian ini diambil dari seluruh kelas VII yang kemudian terpilih masing-masing 10 siswa yang dianggap homogen mewakili dari setiap kelas VII.
Dari hasil pengujian normalitas data yang telah dilakukan, maka baik variabel X maupun variabel Y benar-benar normal dan diterima. Kemudian, hasil analisa data yaitu analisis regresi dan korelasi persamaan regresi dan hipotesis sangat berarti, sehingga setiap terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel X (minat baca siswa), maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (prestasi belajar siswa), dengan asumsi kedua variabel linier dan berarti. Sedangkan pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koevisien korelasinya sangat berarti karena thitung lebih besar dari tdaftar dan berada diluar penerimaan Ho. Dengan demikian, dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara minat baca siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ipa geografi kelas VII SMP Negeri 1 Limboto, dinyatakan diterima.
Kata Kunci : Minat Baca dan Prestasi Belajar.
Download berkas