Penulis / NIM
LISA SOFIA MOKODOMPIT / 451409080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Lisa Sofia Mokodompit 2013. Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Geografi. Jurusan Fisika Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan permasalahan dari penilitian ini yaitu “Bagaimanakah Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Geografi ?” bertujuan untuk dapat mengungkapkan permasalahan terhadap bagaimana persepsi peserta didik terhadap pembelajaran geografi. Adapun yang menjadi tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripiskan persepsi peserta didik terhadap pembelajaran geografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripitif kualitatif. Untuk memperoleh data yang diinginkan dan sesuai dengan kepentingan penjelasaan penelitian maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui instrumen angket dan teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini ditemukan hal-hal sebagai berikut: pada indikator pandangan peserta didik terhadap pembelajaran geografi termasuk pada kategori baik dengan persentase 78.05%, indikator tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran geografi termasuk pada kategori baik dengan persentase 73.34%, dan untuk indikator perasaan perserta didik terhadap pembelajaran geografi termasuk pada kategori sangat baik dengan persentase 83.2%.
Kata kunci : Persepsi, Pembelajaran Geografi.
ABSTRACT
Lisa Sofia Mokodompit 2013. Perceptions of Students Against Learning Geography. Department of Physics Education Study Program Geography Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo.
The formulation of the problem of this research is "How Perceptions of Students Against Learning Geography?" Aims to reveal the problem of how perceptions of students towards learning geography. As for the purpose of this paper is to mendeskripiskan learners' perceptions towards learning geography. The method used in this study is a qualitative deskripitif. To obtain the desired data and in accordance with the interests of research exposition, the authors use techniques of data collection through questionnaire instruments and techniques used in analyzing the data that is in the form of a percentage. Based on the analysis in this study found the following: the sight indicator to students learning geography included in both categories with a percentage of 78.05%, an indicator of student responses to learning geography included in both categories with a percentage of 73.34%, and for indicators of feelings participants including students towards learning geography in the excellent category with a percentage of 83.2%.
Keyword : Perception, Learning Geography
Download berkas