Penulis / NIM
LISMAWATI K. ABDJUL / 451409086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
MUHAMMAD YUSUF, S.Si, M.Si / 0011037503
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
Lismawati K. Abdjul. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Active Debate terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Lingkungan Hidup (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI Semester 2 Di SMA Negeri I Paguyaman ).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active debate (kelas eksperimen) dan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri I Paguyaman dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPSA sebagai kelas eksperimen dan XI IPSB sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Post test-Only Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes. Data hasil penelitian di uji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik dengan rumus chi-kuadrat dan diperoleh nilai ?2hitung ??2tabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 1,2889 ? 11,070 dan untuk kelas kontrol 2,6092 ? 11,070. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas data tersebut terdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan t hitung > ttabel yaitu 8,15>2,001. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe active debate dan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share.
Kata Kunci : Active debate, hasil belajar, dan lingkungan hidup
Download berkas