Penulis / NIM
RAEHAN POTABUGA / 451409088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Raehan Potabuga. 2014. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Topik Demografi". Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini merupakan studi eksperimen di SMP N 6 Gorontalo yang meneliti tentang hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe jigsaw pada materi demografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe jigsaw dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada topik demografi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 6 Gorontalo. Sampel diambil menggunakan Cluster Random Sampling, diperoleh dua kelas yakni kelas VIII 6 sebanyak 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Data hasil penelitian ini diuji normalitasnya menggunakan statistika uji Chi kuadrat dan diperoleh nilai x_hitung^2 t_tabel yakni 3,23 > 2,021. Berdasarkan pengujian tersebut maka hipotesis terbukti dan diterima secara ilmiah diperoleh bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe jigsaw dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada topik demografi.
Kata Kunci : Model pembelajaran Cooperative Learning, jigsaw, hasil belajar siswa, demografi
Download berkas