Penulis / NIM
ROBBIN NURDIANSYAH ISMAIL / 451409093
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Robin Ismail. 2016. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Diintegrasikan dengan Model Pembelajaran Two Stay To Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Pokok Bahasan Lingkungan Hidup di SMA Negeri I Paguyaman
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Tipe Think Pair Share Diintegrasikan dengan Model Pembelajaran Two Stay To Stray (kelas eksperimen) dan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share saja (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri I Paguyaman dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen dan XI IP2B sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan Post test-Only Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes. Data hasil penelitian di uji normalitasnya dengan menggunakan uji statistik dengan rumus chi-kuadrat dan diperoleh nilai 2hitung ࣖtabel yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 1,2889 â 11,070 dan untuk kelas kontrol 2,6092 â 11,070. Data hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kedua kelas data tersebut terdistribusi normal. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan t hitung > ttabel yaitu 8,15>2,001. Sehingga dari hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share Diintegrasikan dengan Model Pembelajaran Two Stay To Stray dan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share saja.
Kata Kunci : Model pembelajarn Think Pair Share, Two Stay Two Stray,, hasil belajar, dan lingkungan hidup
Download berkas