Penulis / NIM
KASMAN / 451409094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Kasman, 2013. Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Muka Bumi dan Kegiatan Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui antara perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran think pair share dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Limboto dan sampel kelas VII tahun pelajaran 2012-2013 sebanyak 219 orang yang tersebar pada 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII-3 berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-9 berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data penelitian ini dilakukan secara normalitas data dan homogenitas varians. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis statistik uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran think pair share lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar
Download berkas