Penulis / NIM
FEBLANI MOHTAR / 451410002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK: Rufkah H. Rompas. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Lingkungan Nyata Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 1 Monano Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Fitryane Lihawa, M.Si. dan Pembimbing II Daud Yusuf, S.Kom, M.Si.
Penelitian ini bertujuan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Lingkungan Nyata Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 1 Monano Kabupaten Gorontalo Utara.
Hasil penelitian menunjukaan bahawa pada pelaksaanan tindakan kelas siklus I bahwa dari 20 orang jumlah siswa terdapat 14 orang yang mencapai nilai standar ketuntasan minimal dengan presentase 70%. Pada pelaksanaan siklus II jumlah siswa yang mencapai nilai standar ketuntasan minimal meningkat menjadi 19 orang dengan presentase 95%.
Kesimpulan yakni penggunaan media lingkungan nyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMPN 1 Monano dapat dilihat dari hasil observasi awal terdapat 8 orang siswa yang mencapai nilai standar ketuntasan minimal (75) dengan presentase 40% setelah melakukan tindakan kelas siklus I dan tindakankelas siklus II telah terjadi perubahan atau peningkatan pada tindakan siklus I tedapat 14 orang siswa yang mencapai nilai standar ketuntasan minimal dengan presentase 70% dan pada tindakan siklus II tedapat 19 orang siswa yang mencapai nilai standar ketuntasan minimal dengan presentase 95% siswa yang mencapai nilai standar ketuntasan minimal.
Kata Kunci: Media Lingkungan Nyata, Hasil Belajar Siswa.
ABSTRACT: Rufkah H. Rompas. 2017. Improving students' learning achievement through the Aplication of real environment media on social science (IPS) Subject at SMPN 1 Monano class VIII North Gorontalo regional. Skrips. Departement of Earth Science and Technology. State university of Gorontalo. Principal supervior is Dr. Fitryane Lihawa, M.Si and Co-supervior is Daud Yusuf, S.Kom, M.Si.
The Research aims at improving Students' learning achievement through aplying real environment media on IPS Subject at Class VIII SMPN 1 Monano. Research method applies classroom action research.
The research finding in sicle I is 14 students out of 20 who have achieved minimum passing grade, it is about 75% , then in sicle II improves to 19 students or 95% who have achieved the minimum passing grade.
It can be conclude that the aplying of real environment media could improve students' achievement on social science (IPS) class VIII SMPN 1 Monano. It could be seem in first observation that only 8 students who have achieved minimum passing grade (75), itis about 40%. After doing action class in sicle I, the students' achievement could be improved to 70% that is 14 students who have achieved minimum passing grade. In sicle II, the students' achivement could be improved to 95% that is 19 students who have achieved minimum passing grade.
Key Words: Real Environment Media, Students' learning Achivement
Download berkas