Penulis / NIM
FIRDA M. BARLIAN / 451410003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK
Firda M. Barlian. 2016. "Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Artikulasi Dengan Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam". Suatu penelitian di SMA Muhammadiyah Gorontalo. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo (UNG) 2015. Pembimbing I. Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II. Tirtawaty Abdjul, M.Pd
Penelitian ini adalah suatu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Sumber Daya Alam dengan menggunakan Integrasi Model Pembelajaran Artikulasi Dengan Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah Gorontalo Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan mengikut sertakan seorang guru pengamat. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 75 % dari siswa yang memperoleh nilai 75 keatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Integrasi Model Pembelajaran Artikulasi Dengan Student Teams Achievement Division (STAD) ini terdapat peningkatan yang nampak pada siklus I menunjukan 30% siswa yang memenuhi KKM dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85% siswa yang memenuhi KKM. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Integrasi Model Pembelajaran Artikulasi Dengan Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi Sumber Daya Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Artikulasi, Student Teams Achievement Division (STAD), Sumber Daya Alam
Download berkas