SKRIPSI

Penulis / NIM
ANITA / 451410005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Anita. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning yang Diintegrasikan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS pada MateriLingkunganHidup di Sekolah SMA Negeri 1 Tapa ProvinsiGorontalo. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Matematika dan IPA Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I : Prof. Dr. H. YosephParamata, M.Pd dan pembimbing II : TirtawatyAbdjul, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran outdoor learning yang diintegrasikan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan kelas yang hanya menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi lingkungan hidup. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa dan sampel dalam penelitian ini yakni kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 31 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 dengan jumlah siswa 32 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design penelitian Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan instrumentes.Instrumen penelitian berupa test essay sebanyak 9 butir soal.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membuat daftar hasil tes Siswa pada kedua kelompok tersebut. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan uji Chi Kuadrat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran outdoor learning yang diintegrasikan dengan model pembelajaran problem based Learning (PBL) yakni 81,03 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang hanya menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) yakni 74,09. Berdasarkan hasil uji hidpotesis, diperoleh bahwa t_hitung>t_tabel yaitu 2,12>1,999. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran outdoor learning yang diintegrasikan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan kelas yang hanya menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Kata kunci :Metode pembelajaran Outdoor Learning, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), LingkunganHidup
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011