Penulis / NIM
HAMSIAH MUHAMMAD / 451410006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK
HAMSIA MUHAMMAD. 2016. Deskripsi Keterampilan Guru Mengelola Kelas dalam Pembelajaran Geografi Di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, M.Pd dan Pembimbing II. Dr. Eng Sri Maryati, S.Si
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan di SMA Se-Kabupaten Gorontalo Utara pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan keterampilan guru mengelola kelas (2) mengetahui aspek-aspek apa yang perlu diperbaiki agar keterampilan guru mengelola kelas menjadi lebih baik, (3) mengetahui bagaimana solusi perbaikan aspek-aspek keterampilan guru mengelola kelas menjadi lebih baik, dengan jumlah guru sebanyak 7 orang dan sekolah sebanyak 7 sekolah. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrumen lembar observasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan guru mengelola kelas dalam pembelajaran geografi di SMA se-Kabupaten Gorontalo Utara pada indikator prinsip penggunaan memiliki kriteria sangat baik yakni 63,27%. Sedangkan indikator membagi perhatian secara visual dan verbal memiliki kriteria sangat baik yakni 95,92%. Memelihara kondisi pembelajaran yang optimal kriteria sangat baik yakni 100%. Memusatkan perhatian kelompok memiliki kriteria sangat baik yakni 93,88%, memberikan penguatan memiliki kriteria sangat baik yakni 100%, memberikan teguran memiliki kriteria sangat baik yakni 75,5%. Aspek-aspek yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki yaitu pada indikator memberikan teguran. Aspek-aspek tersebut dapat diperbaiki dengan cara guru harus mampu menegur siswa yang tidak mengerjakan tugas atau mengganggu siswa yang lain agar siswa tidak mengulangi kesalahan yang mereka lakukan.
Kata Kunci: Keterampilan Mengelola Kelas
Download berkas