Penulis / NIM
AYK RATNANINGSIH / 451410007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Ayk Ratnaningsih (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Team Quis dan Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kwandang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan kombinasi Team Quis dan Picture and Picture dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada materi lingkungan hidup kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kwandang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kwandang dan sampel dalam penelitian ini yakni kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar. analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t dinyatakan terbukti dan diterima secara ilmiah. Hal ini dinyatakan bahwa thitung>tdaftar yaitu thitung = 3,14, tdaftar pada taraf nyata = 0,05diperpleh criteria pengujian t(1-1/2)(n1 + n2-2) maka t(0,975)(54) = 2,02. Sehingga pengujian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Team Quis dan Picture and Picture dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada materi lingkungan hidup kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kwandang, dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 82,33 > 73,88.
Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe Team Quis, Picture and Picture, hasil belajar
Download berkas