Penulis / NIM
DELI MEGAWATI / 451410011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Deli Megawati. 2015. "Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Think Pair Share dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup". Pembimbing 1, Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II, Nova E. Ntobuo S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Think Pair Share dan Talking Stick dengan kelas yang menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi lingkungan hidup. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kwandang yang berjumlah 6 kelas, Kemudian ditentukan 2 kelas untuk menjadi sampel penelitian ini dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan instrument tes. Instrument penelitian berupa tes esay. Selanjutnya data di uji normalitasnya dengan menggunakan anlisis statis Chi-kuadrat = 0,05 . Dengan hipotesis yang diperoleh thitung> ttabel yakni thitung = 3.88 dan ttabel = 2.00, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Think Pair Share dan Talking Stick dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Pada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Think Pair Share dan Talking Stick yakni 83.47 lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yakni 74.82.
Kata Kunci : Kooperatif Think Pair Share, Talking Stick, Hasil Belajar.
Download berkas