Penulis / NIM
IRNAWATI ISHAK / 451410014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Irnawati Ishak. 2015. "Penerapan Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have (QSH) Dengan Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrosfer". Suatu penelitian di SMA Negeri 1 Kabila. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo (UNG) 2015. Pembimbing I. Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd dan Pembimbing II. Nurfaika, S.Si, M.Sc.
Penelitian ini adalah suatu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep Hidrosfer dengan menggunakan Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have (QSH) Dengan Numbered Head Together (NHT pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Kabila Tahun Ajaran 2015-2016 yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan mengikut sertakan seorang guru pengamat. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 75 % dari siswa yang memperoleh nilai 75 keatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have (QSH) Dengan Numbered Head Together (NHT) ini terdapat peningkatan yang nampak pada siklus I menunjukan 34,37% siswa yang memenuhi KKM dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,37% siswa yang memenuhi KKM. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have (QSH) Dengan Numbered Head Together (NHT) pada materi Hidrosfer dapat meningkat hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 kabila.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Question Student Have (QSH),Numbered Head Together (NHT), Hidrosfer
Download berkas