Penulis / NIM
DIAN SARTIN / 451410018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Dian Sartin Nim. 451 410 018. Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kabila. Tujuan kajian ini untuk mengetahui hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi Di SMA Negeri 1 Kabila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey korelasional untuk menggambarkan hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Data yang terkumpul dan dengan menggunakan pendekatan yang digunakan adalah pengujian validitas dan reabilitas angket. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat dilihat bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi " terdapat hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Kabila diterima." Dinyatakan terbukti dan diterima secara ilmiah. Hal ini dinyatakan sama, bahwa harga thitung lebih besar dari tdaftar yaitu thitung = 4.217, tdaftar pada taraf nyata = 0,01 Sdiperoleh kriteria pengujian t(1 -) (n- 2), maka t(1-0.995)(41) = 2,02 sehingga diperoleh kesimpulan yang sama bahwa koefisien korelasinya benar-benar signifikan, sehingga dapat dinyatakan bahwa "disiplin belajar berhubungan dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Kabila.
Kata kunci : Disiplin Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas