Penulis / NIM
KADIRMAN / 451410020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Kadirman. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division)Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Anggrek. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, MT.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi lingkungan hidup kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Anggrek tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan pengambilan sampel menggunakan taknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas XI IPS1 (kelas eksperimen) dan 29 siswa kelas XI IPS2 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar siswa dan hasilnya diuji menggunakan uji-t. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitungsebesar 2,21 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,003 pada taraf nyata = 0,05 dan dk = n1 + n2 - 2 atau thitung>ttabel.Ini berarti Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa H1 yang menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan yang diberikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Kooperatf Tipe STAD, Hasil Belajar Siswa, Lingkungan Hidup.
Download berkas