Penulis / NIM
FITRI ADALAI / 451410024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK
Fitri Adalai, 451410024 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone is Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup (Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 anggrek, Gorontalo Utara). Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Dr.Sunarty S.Eraku, S.Pd M.Pd dengan Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan kelas yang menerapkan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) mata pelajaran lingkungan hidup. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Anggrek. Sampel diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak kemudian ditentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana jumlah siswa untuk kelas eksperimen sebanyak 30 siswa pada kelas XI IPS 2 dan untuk kelas kontrol sebanyak 29 siswa pada kelas XI IPS 1. Teknik analisis data menggunakan uji t. sebagai prasyarat analisis dilakukan uji normalitas dengan rumus chi kuadrat dan uji homogenitas dengan menggunakan uji barlett dari hasil analisis data diperoleh thitung = 11.44 dan ttabel = 1.99685 untuk dk = (n1+ n1 - 2) = 57 dan taraf nyata = 0.05 apabila thitung >ttabel maka terdapat perbedaan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is Teacher Here dan siswa yang dibelajarkan dengan menerapkan metode Student Teams Achievement Divisio (STAD).
Kata Kunci : Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Everyone is Teacher Here, hasil Belajar Siswa
Download berkas