SKRIPSI

Penulis / NIM
LA JUMA / 451410027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK La Juma. 451 410 027. Pengaruh Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri I Mananggu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Geografi. Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian. Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dr. Fitryane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II Bapak Daud Yusuf, S.Kom, M.Si. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan antara motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS SMA Negeri I Mananggu yang diterapkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan pembelajaran yang diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung? Sementara itu, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas XI IPS SMA Negeri I Mananggu yang diterapkan menggunakan pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri I Mananggu, dan diambil dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas Eksperimen (XI IPS 1) dan kelas Kontrol (XI IPS 2). Penarikan sampel dilakukan dengan teknik cluster-sampling, dan data yang digunakan diambil melalui penyebaran angket. Berdasarkan hasil analisis data; disimpulkan bahwa hipotesis: "Tidak terdapat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri Mananggu menggunakan pembelajaran kontekstual dibanding pembelajaran langsung", diterima. Hal ini ditunjukkan oleh uji chi kuadrat; dimana 2hitung lebih kecil dari 2daftar (1,33 < 3,84), yang berarti setiap kelas sampel benar-benar homogen. Sementara itu, dalam uji hipotesis (uji-t); dimana thitung berada di dalam daerah penerimaan Ho, sehingga Ho diterima dan H1 ditolak, yang berarti tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual dengan pembelajaran langsung. Kata kunci: Hasi Belajar, dan Pembelajaran Kontekstual â ABSTRACT La Juma. 451 410 027. Effect of Learning CTL (Contextual Teaching and Learning) Student Motivation Geography Lesson In Class XI IPS SMAN I Mananggu. Thesis. Geography Education Study Program. Department of Earth Science and Technology. Faculty of Mathematics and Science. State University of Gorontalo. Supervisor I Mrs. Dr. Fitryane Lihawa, M.Si and Advisor II Mr. David Joseph, Kom, M.Sc. Issues raised in this study is whether there is a difference between students' motivation on the subjects of Geography class XI IPS SMAN I Mananggu are applied using learning approach CTL (Contextual Teaching and Learning) with applied learning using learning model directly? Meanwhile, the goals to be achieved in this study was to determine differences in student motivation in geography subjects in class XI IPS SMAN I Mananggu applied learning approach CTL (Contextual Teaching and Learning) by using direct learning model. This study is a population that experiment with the whole class XI IPS SMAN I Mananggu, and taken two classes as samples that grade Experiment (XI IPS 1) and the Control class (XI IPS 2). Sampling was done by using cluster-sampling, and data used are taken through a questionnaire. Based on the analysis of data; concluded that the hypothesis: "There is no student motivation on the subjects of Geography Class XI IPS SMA Mananggu using contextual learning rather than direct learning", accepted. This is indicated by the chi square test; where 2hitung smaller than 2daftar (1.33
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011