Penulis / NIM
HEDIYANTI R. ARSYAD / 451410030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTARK
Hediyanti R. Arsyad. 2016. Deskripsi keterampilan guru mengadakan variasi dalam pembelajaran geografi di Sekolah Menengah Atas se-Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, M.pd dan Pembimbing II Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan guru mengadakan variasi, (2) mengetahui aspek apa yang perlu diperbaiki agar keterampilan guru mengadakan variasi menjadi lebih baik, (3) mengetahui bagaimana solusi perbaikan aspek keterampilan guru mengadakan variasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakanuntuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrumen lembar observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis data dari 7 orang guru geografi diperoleh (1) secara total keterampilan guru mengadakan variasi dalam pembelajaran geografi di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Gorontalo Utara sudah terlaksana. Jika dilihat dari masing-masing indikator secara umum sudah terlaksana dengan baik, kecuali dilihat dari presentasi indikator persekolah masih ada yang cukup dan kurang dilakukan, (2) aspek yang perlu diperbaiki adalah indikator yang terdapat pada kriteria cukup dan kurang dibeberapa sekolah yakni indikator pemberian penekanan, kontak pandang, dan pindah posisi, (3) solusi perbaikan yang diperoleh dengan mendengar alasan yang diberikan guru karena cukup dan kurang dalam mengadakan variasi berupa penekanan, kontak pandang,dan pindah posisi maka solusi perbaikannya adalah guru harus menguasai materi, mengetahui kondisi siswa, perpindahan posisi ini harus disesuaikan dengan metode pembelajaran yang digunakan, kontak pandang harus dilakukan secara merata dan tidak berlebihan dengan melihat kondisi dan karakter siswa sehingga dapat menarik perhatian dan minat belajar siswa.
Kata Kunci: keterampilan guru mengadakan variasi dan pembelajaran geografi.
Download berkas