SKRIPSI

Penulis / NIM
ASRAWATI / 451410035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK Asrawati. 2014. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have diintegrasikan dengan Metode Everyone is Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sumber Daya Alam Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Anggrek". Skripsi, yang dibimbing oleh Bapak Prof.Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Bapak Muhamad Kasim S.T M.T. Program Studi S I Pendidikan Geografi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have diintegrasikan dengan metode Everyone is Teacher Here dengan metode Question Student Have. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Anggrek. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh temuan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have diintegrasikan dengan metode Everyone is Teacher Here dengan yang menerapkan metode Question Student Have. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa thitung > ttabel yakni thitung = 2.839 dan ttabel = 1.9613, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Demikian pula nampak pada rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have diintegrasikan dengan metode Everyone is Teacher Here yakni 66.3 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan metode Question Student Have yakni 59.4. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have diintegrasikan dengan metode Everyone is Teacher Here dapat menciptakan keterampilan siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan pembelajaran geografi khususnya pokok bahasan sumber daya alam. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have, Metode Everyone is Teacher Here, Hasil Belajar siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011