SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD WIDYANTORO KIMATI / 451410036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK Moh. Widyantoro Kimati. 2017. Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips Pada Mata Pelajaran Geografi Di Sma Negeri 1 Biluhu Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarty S. Eraku, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Daud Yusuf. S.Kom, M.Si, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan korelasional yang dimana bertujuan bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dua variabel yakni kemandirian belajar dengan prestasi belajar geografi. Rancangan desain penelitian dari kedua variabel menggunakan Pola hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X1 IPS SMA Negeri 1 Biluhu. dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penggumpulan data yang digunakan adalah pengamatan langsung (Observasi) dan penyebaran angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua bagian, yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Skala yang digunakan terdiri dari 4 alternatif pilihan jawaban yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju dan sangat tidak setuju, dengan skor 4, 3, 2, 1 yang diberikan kepada responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Kemandirian belajar diukur menggunakan angket kemandirian belajar yang diberikan kepada siswa yang disusun berdasarkan kisi-kisi.Secara statistik untuk melihat hubungan antara variabel X dan variabel Y oleh persamaan regresi dengan batas-batas kelinearan dan keberartian dapat menggunakan rumus uji Fisher, untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis, perhitungan analisis korelasi dan regresi sederhana data variabel kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar siswa menghasilkan arah regresi b sebesar 0,369 dan konstanta a sebesar 53,970. yang artinya terdapat hubungan yang positif antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa. sehingga disimpulkan bahwa dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Biluhu. Kata kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Geografi ABSTRACT Moh.Widyantoro Kimati. 2017. The relation of learning independence with students' learning achievement in clas XI of social science in geography subject in SMA N 1 Biluhu district of gorontalo principal supervisor is Dr.Sunarty s eraku, S.Pd,M.Pd. and co-supervisor is Daud Yusuf S.Kom,Msi. Bachelor study program of geographic education,departmen of earth science and technology,paculti of mathemathics and natural sicience,state univercity of gorontalo. This is a survey research with correlational approach. It aims to investigate whether or not there is relation of between two variables namely learning independence with geography learning achievement. Population of the research is students in class XI of social science in SMA N 1 biluhu while its samples are determined by cluster random sampling. Data of the researt are collected through direct observation and questionnaire distribution. The data analysis contains of 4 alternative of answer choices namely strongly agree, agree, disagree and strongly disagree with score of 4, 3, 2, 1. The applied instrument is questionnare. Learning independence distributed to students which is composed based on blueprint. Statisticilly, corellation of variable X and Y by Regression equation with limits of linearity andsignificance can be observed by using equation of Fisher test, to investigate whether or not there is positive corellation between learning independence and students' learning indepedence Variable with students' lerarning achievement. Based on hypothesis test finding, calculation of correlation and simple regression analysis, data or students' learning independence variable with students'avhievement creates regrresion b for 0,369 and constant a for 53,970 which means that there is positive correlation between learning independence with students' learning achievement. Thus, it can be concluded that there is correlation between students' learning achievement in class XI of social Science in Geography Subject in SMAN 1Biluhu. Keywords : Learning Motivation, Learning Achievement, Geography Subject
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011