Penulis / NIM
SALMI / 451410037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
Salmi yambata, 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Hasil Belajar Geografi Dengan Menggunakan Model Example non Example Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Limboto. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu dan Teknologi kebumian , Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. EnosTaruh, M.Pd, pembimbing II Citron S. Payu, M.Pd penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam melalui penerapan Model Example non Example Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Limboto. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI3 Dengan jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 30 orang. Yang terdiri dari 14 siswa Laki-Laki 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan atau observasi dan pemberian tes pada akhir siklus pembelajaran. Berdasarkan hasil tindakan pada siklus I, diperoleh rata-rata kemampuan sebesar 75,93%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80,6%. Karena terjadi penigkatan kemampuan kemampuan siswa dalam rana kognitif siswa, maka penelitian diakhiri pada siklus II. Oleh karenah itu maka hasil bejar siswa pada siklus II sudah mencapai Indikator Keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analsis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi dapat meningkat dengan menggunakan Model pembelajaran Example non Example.
Download berkas