Penulis / NIM
PUJI ASTUTI / 451410038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Puji Astuti. NIM. 451 400 038. "Hubungan keterampilan belajar tehadap hasil belajar mahasiswa geografi angkatan 2011 di Universitas Negeri Gorontalo". Skripsi. Jurusan Fisika Program Studi Geografi. Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing (1) Dr, rer. nat Mohamad Jahja II, dan (2) Ibu Supartin, S.Pd, M.Pd
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa geografi angkatan 2011 universitas negeri gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei korelasional untuk menggabarkan hubungan keterampilan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa geografi angkatan 2010 universitas negeri gorontalo.Dari hasil pengujian normalitas data yang telah dilakukan, maka baik variabel X maupun variabel Y benar-benar normal dan diterima. Kemudian, hasil analisa data yaitu analisis regresi dan korelasi persamaan regresi dan hipotesis sangat berarti, sehingga setiap terjadi perubahan sebesar satu unit pada variabel X (keterampilan belajar), maka akan diikuti oleh perubahan rata-rata variabel Y (hasil belajar mahasiswa), dengan asumsi kedua variabel linier dan berarti. Sedangkan pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koefisien korelasinya sangat berarti karena thitung lebih besar dari tdaftar dan berada diluar penerimaan Ho. Dengan demikian, dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pada pada mahasiswa geografi angkatan 2011 universitas negeri gorontalo", dinyatakan diterima.
Kata Kunci: Keterampilan belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa
Download berkas