SKRIPSI

Penulis / NIM
YULIANTI KARIM / 451410040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK Yulianti Karim. 2015. Deskripsi Keterampilan Memberi Penguatan Guru dalam Pembelajaran Geografi di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, M.Pd dan Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeksripsikan keterampilan memberi penguatan guru dalam pembelajaran geografi di Sekolah Menengah Atas, (2) mengetahui aspek apa yang perlu diperbaiki agar keterampilan memberi penguatan guru dalam pembelajaran geografi di Sekolah Menengah Atas menjadi lebih baik, (3) mengetahui bagaimana solusi perbaikan aspek keterampilan memberi penguatan guru dalam pembelajaran georafi di Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrumen lembar observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dari 7 orang guru geografi diperoleh (1) secara total keterampilan memberi penguatan guru dalam pembelajaran geografi di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Gorontalo Utara sudah dilaksanakan, jika dilihat dari masing-masing indikator secara umum paling banyak terdapat pada kriteria sangat baik dan baik, kecuali penguatan berupa tanda atau benda dan penguatan dengan sentuhan yang terdapat pada kriteria cukup dan kurang, (2) aspek yang perlu diperbaiki adalah indikator yang kurang efektif dilakukan atau indikator yang terdapat pada kriteria cukup dan kurang yakni indikator penguatan berupa tanda atau benda dan penguatan dengan sentuhan, (3) solusi perbaikan untuk indikator tersebut dapat dilakukan dengan cara guru harus mengetahui karakter dari masing-masing siswa yang diajarkan, harus melihat usia, jenis kelamin, latar belakang budaya dan sekolah itu sendiri, serta penguatan berupa tanda atau benda jangan dilakukan secara terus menerus tetapi dilakukan disaat yang tepat dengan melihat kondisi dan keadaan siswa. Kata Kunci: Keterampilan memberi penguatan dan pembelajaran geografi. ABSTRACK Yulianti Karim. 2015. Description of Giving Reinforcement Skill of Teacher in Geography Learning at Senior High Schools in Gorontalo Utara District. Skripsi, Study Program of S1 Geography Education, Department of Earth Science and Technology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo. The principal supervisor was Dr. Masri Kudrat Umar, M.Pd and the co-supervisor was Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T. The research aimed at (1) describing giving reinforcement skill of teacher in Geography learning at Senior High Schools in Gorontalo Utara District, (2) investigating the aspects that need to be improved in order the giving reinforcement skill in geography learning to be better, (3) investigating the solution in improve the aspects of giving reinforcement skill of teacher in geography learning. The research was a descriptive research with quantitative approach. The instruments of data collection were observation and interview. Based on the research result and data analysis of 7 geography teacher, it gains (1) over all, giving reinforcement skill of teacher in geography learning at Senior High Schools in Gorontalo Utara District has been implemented. If it is observed generally, the excellent and good criteria are the most criteria obtain in this research. However, there are several indicators that obtain sufficient and lack criteria such as sing or object reinforcement and physical contact reinforcement, (2) the aspects that need to be improved were the indicator that categorized as sufficient and lack namely sign or object reinforcement and physical contact reinforcement, (3) the solution to improve those indicators can be done through understanding and the characteristics of each student according to age, sex, culture background and the school itself. Besides, sign and object reinforcement cannot be done continuously, but is should be done in appropriate condition of student. Keywords: Giving reinforcement skill and geography learning
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011