SKRIPSI

Penulis / NIM
WINDUWAN ADI PUTRA / 451410050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK Winduwan Adi Putra. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Outdoor Learning diintegrasi dengan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Sisiwa di SMA Negeri 1 Bintauna (Pada Mata Pelajaran Geografi Materi "Lingkungan Hidup"). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nawir Sune M.Si dan Pembimbing II Ahmad Zainuri S.Pd, M.T Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran Outdoor Learning diintegrasi dengan metode pembelajaran Resitasi dan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Outdoor Learning. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bintauna. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttes Only Control Desig. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrumen tes. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sebanyak 1 kali yaitu posttest. Secara statistik data rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran Outdoor Learning diintegrasi dengan metode pembelajaran Resitasi dan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Outdoor Learning diuji perbedaan menggunakan teknik uji t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran Outdoor Learning diintegrasi dengan metode pembelajaran Resitasi (kelas eksperimen) dan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Outdoor Learning (Kelas Kontrol). Hasil pengujian menenjukkan bahwa t_(hitung )= 3,766 > t_(tabel )= 1,68 sehingga dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_1diterima. Dari hasil diatas diperoleh H_0ditolak dan H_1diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran outdoor learning diintegrasi dengan metode pembelajaran resitasi dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran outdoor learning. Kata Kunci :Outdoor Learning, Resitasi, Integrasi, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011