Penulis / NIM
AGUS N ALI / 451410051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Agus N. Ali. Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Socrates pada pembelajaran geografi pokok bahasan lingkungan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup dengan menggunakan metode Socrates. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Keberhasilan dan kegagalan pada siklus I telah di identifikasi berdasarkan kekurangan - kekurangan dan melakukan perbaikan-perbaikan pada siklus II.
Peneliti telah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode Socrates berdasarkan RPP. Hasil penelitian telah diperoleh bahwa metode Socrates memiliki keterlaksanaan dimana pada siklus I ketuntasan siswa 7 dari 21 siswa atau 33,33 %, pada siklus II presentase tersebut meningkatkan menjadi 18 dari 21 siswa atau 85,71 % yang dinyatakan tuntas belajar. Hasil belajar siswa pada siklus I, 7 dari 21 siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas atau 33,33% yang tuntas dan 14 orang memperoleh nilai dibawah 75 atau 66,67%, pada siklus II, 18 siswa yang memperoleh nilai di atas 75 atau 85,71% dan 3 siswa mendapatkan nilai dibawa 75 atau 14,29%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode Socrates pada materi lingkungan hidup dapat meningkatkan hasil siswa di kelas XI IPS2 SMA Muhammadiyah Batudaa.
Kata kunci: Metode Socrates, Hasil Belajar Siswa.
Download berkas