SKRIPSI

Penulis / NIM
WISRAWATI DUTIE / 451410052
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Wisra. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrosfer (Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Bonepantai pada Siswa Kelas X). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe giving question and getting answer pada mata pelajaran Geografi materi Hidrosfer kelas X SMA Negeri 1 Bonepantai. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan posttest - control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bonepantai T.P 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampeling. Data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes hasil belajar. Selanjutnya data diuji normalitasnya dengan menggunakan analisis statisti Chi-Kuadrat. Hasilnya adalah bahwa 2hitung < 2tabel yaitu hasil belajar yang dibelajarkan menggunakan make a match sebesar 8,654 < 11,070 dan untuk hasil belajar yang dibelajarkan menggunakan giving question and getting answer sebesar 6,348< 11,070. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,763 > 2,000. Hal ini berarti bahwa hasil pengujian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan yang dibelajarkan menggunakan kooperatif tipe giving question and getting answer. Demikian pula skor rata-rata kemajuan hasil belajar siswa dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran make a match lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran giving question and getting answer yaitu x _1 = 87 > x _2 = 80. Dengan demikian penerapan model pembelajaran make a match dapat memberikan hasil yang lebih tinggi terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrosfer. Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, hasil belajar siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011