Penulis / NIM
LA ODE FIA / 451410053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
"Deskripsi Keterampilan Dasar Guru Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan Dalam Pembelajaran Geografi SMA Di Gorontalo Utara"
La Ode Fia1, Dr. Masri Kudrat Umar, M.Pd2, Raghel Yunginger, S.Pd, M.Si3
Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan IPA
Universitas Negeri Gorontalo
laodefia@yahoo.co.id
ABSTRAK
La Ode Fia. 2014. Deskripsi Keterampilan Dasar Guru Mengajar Kelompok Kecil Dan Perorangan Dalam Pembelajaran Geografi Sekolah Menengah Atas Di Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masri Kudrat Umar, M.Pd dan Pembimbing II Raghel Yunginger, S.Pd, M.Si.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah keterampilan dasar guru mengajar kelompok kecil dan perorangan, sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui keterampilan dasar guru mengajar kelompok kecil dan perorangan dalam pembelajaran geografi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015, dengan Objek penelitian 7 orang guru geografi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan menetapkan tujuan dengan kriteria baik 40,82%, keterampilan merencanakan kegiatan pembelajaran bersama siswa mencakup keberhasilan dengan kriteria kurang 36,74%, bertindak sebagai supervisor bagi siswa dalam pembimbingan secara terus menerus dengan kriteria sangat baik 59,16%, membantu menilai hasil capaian belajar siswa dengan kriteria kurang 36,74%, mendengarkan secara simpati dan menanggapi secara positif pemikiran siswa dengan kriteria sangat baik 55,1%, membantu siswa dengan pendekatan verbal dan nonverbal dengan kriteria baik 55,1%, membantu siswa tanpa harus mendominasi atau mengambil alih tugas dengan kriteria baik 48,99%, memahami siswa atau menerima perbedaan dengan penuh perhatian dengan kriteria sangat baik 57,14%, menangani siswa dengan rasa aman dengan kriteria baik 36,73%, membentuk kelompok yang tepat dalam jumlah dengan kriteria sangat baik 69,39%, Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan dasar guru mengajar perlu ditingkatkan meningat masih masih ada aspek-aspek yang kurang yakni keterampilan merencanakan kegiatan pembelajaran bersama siswa mencakup keberhasilan, membantu menilai hasil capaian belajar siswa, menutup kegiatan dengan kulminasi, dan supervisi proses pemanduan. Untuk memenuhi aspek yang kurang maka guru harus merencanakan pembelajaran dengan baik sebelum memulai pelajaran dan guru harus teliti agar keterampilannya maksimal.
Kata kunci: Keterampilan dasar guru mengajar kelompok kecil dan perorangan.
Download berkas