Penulis / NIM
EDY PRAYITNO / 451410054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
Edy Prayitno. Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. (Suatu Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa XI SMA Negeri 1 Tapa) Pembimbing : (1) Dr. Fitryane Lihawa. M.Si (2) Citron S. Payu. S.Pd M.Pd
Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah "Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Tapa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kooperatif dan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar kegiatan guru, lembar kegiatan siswa, dan analisis hasil belajar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS2 dengan jumlah 30 siswa, 18 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Hasil penelitian dari siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan pada kriteria baik pada pengamatan kegiatan guru siklus I adalah 74 % meningkat menjadi 95 % disiklus II, pada kegiatan siswa siklus I adalah 66 % meningkat menjadi 90 % disiklus II, dan pada hasil belajar siswa dari siklus I 65 % meningkat menjadi 86 % disiklus II. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi akan meningkat jika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Download berkas