SKRIPSI

Penulis / NIM
EVA HARDIANA MANTANG / 451410056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK Eva Hardiana Mantang, 2015. Skripsi, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Integrasi Strategi Pembelajaran Genius Learning Dan Metode Tanya Jawab Pada Materi Tata Surya Dan Bumi Di Kelas X MA-Almunawwarah Paguyaman Kabupaten Boalemo. Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nawir Sune, M,Si dan pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan integrasi strategi pembelajaran Genius Learning dan metode Tanya Jawab pada materi tata surya dan bumi di kelas X MA-Almunawwarah Paguyaman Kabupaten Boalemo yang berjumlah 10 orang. Data diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas guru. dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa strategi pembelajaran Genius Learning dan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X MA-Almunawwarah Paguyaman Kabupaten Boalemo pada materi Tata Surya Dan Bumi. Dengan hasil belajar siswa pada siklus I dari 10 orang siswa hanya 6 orang yang yang tuntas dengan kriteria ketuntasan sebesar 60%. Aktivitas siswa 64,05% mendapat kriteria baik dan sangat baik, aktivitas guru 56,24% mendapat kriteria baik dan sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa tindakan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang sudah ditetapkan, sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 90%, aktivitas siswa 82,7% mendapat kriteria baik dan sangat baik, aktivitas guru 90,62% mendapat kriteria baik dan sangat baik. Peningkatan ini menyebabkan tindakan pada siklus II terlaksana secara optimal dan tidak perlu dilakukan tindakan selanjutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan integrasi strategi pembelajaran Genius Learning dan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci : Genius Learning dan metode tanya jawab, Hasil belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011