Penulis / NIM
SUHERMAN SYAMSUDIN H. UMURA / 451410059
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Suherman Syamsudin H Umura, 2015. "Pengaruh Penerapan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi" di SMA Negeri 1 Bokat Kab. Buol. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian (ITK), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan ibu Dr. Fitryane Lihawa M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Ahmad Zainuri S.Pd MT selaku Pembimbing II.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen di SMA Negeri 1 Bokat Kab. Buol. Penelitian ini mengkaji pembelajaran dengan menggunakan "strategi PQ4R" yang bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen (X^3) yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi PQ4R dengan kelas kontrol (X^1) yang dibelajarkan dengan menggunakan model talking stick. Seluruh siswa kelas X berjumlah 4 kelas menjadi populasi penelitian ini. Kemudian ditentukan 2 kelas untuk menjadi sampel penelitian dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrument penelitian yang digunakan sebagai alat penggumpulan data berupa tes objektif. Data hasil penelitian di uji normalitasnya dengan menggunakan statistik Uji Lilifors dan diperoleh nilai yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 0,130 â 0,15 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,073 â 0,173. Data hasil uji statistik menunjukan bahwa kedua kelas tersebut dapat terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, pengujian hipotesis di uji secara statistik dengan menggunakan statistik Uji t dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan diperoleh t_hitungât_tabel yaitu 3,60 â 2,00 yang berarti menerima hipotesis alternatif (H_1 diterima) dan (H_0 ditolak) hal ini menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan strategi PQ4R dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model talking stick. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol
Kata Kunci : Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Hasil belajar siswa
Download berkas