Penulis / NIM
MUSRIFIN / 451410060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis butir soal geografi Ujian Akhir Semester genap Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial tahun ajaran 2013/2014 SMA Negeri se Kota Gorontalo. Soal-soal tersebut dianalisis berdasarkan tingkat validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas penggunaan pengecoh/distractor dan reliabilitas tes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif karena semua data atau informasi yang diperoleh diwujudkan dalam bentuk angka-angka dan dianalisis dengan statistik menggunakan program ITEMAN. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi untuk memperoleh data butir-butir soal, kunci jawaban, dan hasil tes siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan validitas butir soal Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal yang valid butir soalnya untuk SMAN 1 Gorontalo 24 %; SMAN 2 Gorontalo 42 %; SMAN 3 Gorontalo 48 %; SMAN 4 Gorontalo 54 %.(2) Berdasarkan tingkat kesukaran, soal dengan tingkat kesukaran sedang adalah SMAN 1 Gorontalo dapat diketahui bahwa 0 % sedang, SMAN 2 Gorontalo diketahui bahwa 14 % sedang. SMAN 3 Gorontalo dapat diketahui bahwa 10 % sedang, SMAN 4 Gorontalo dapat 28 % sedang (3) Berdasarkan daya pembeda, soal dengan daya pembeda baik diketahui bahwa SMAN 1 Gorontalo memiliki daya beda 18 % baik dan 10 % baik sekali. SMAN 2 Gorontalo diketahui bahwa 12 % baik dan 12 % baik sekali. SMAN 3 Gorontalo diketahui bahwa 12 % baik, 6 % baik sekali. SMAN 4 Gorontalo diketahui bahwa 30 % baik dan 36 % baik sekali. (4) Berdasarkan efektivitas penggunaan distractor, soal dengan distractor yang berfungsi dapat diketahui bahwa SMAN 1 Gorontalo sebanyak 12 % baik, 8 % berfungsi. SMAN 2 Gorontalo yaitu sebanyak 32 % baik, 22 % berfungsi. SMAN 3 Gorontalo yaitu sebanyak, 4 % baik, SMAN 4 Gorontalo yakni sebanyak 42 % baik, 12 % berfungsi. (5) Berdasarkan reliabilitas soal, soal tersebut memiliki koefisien reliabilitas yang tinggi yaitu SMAN 4 Gorontalo yakni 0.860. Realibilitas nilai cukup SMAN 1 Gorontalo yakni 0.365 dan SMAN 2 Gorontalo yakni 0.452. terdapat satu sekolah yang memiliki nilai relibiltas negatif SMAN 3 Gorontalo yakni -0.300.
Kata kunci : Analisis butir soal, validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, efektivitas pengecoh/distractor, reliabilitas tes dan progam ITEMAN
Download berkas