Penulis / NIM
JULHAN RONGGA / 451410061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Julhan Rongga.2015,Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI SMU Negeri 2 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarty Eraku, M.Pd dan Pembimbing II Ahmad Zainuri S.Pd, MT.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara siswa yang diajar dengan menggunakan modul berbasis lingkungan dan siswa yang diajar secara konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan yang hasil belajar geografi antara siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo yang diajar dengan menggunakan modul berbasis lingkungan dengan siswa yang diajar secara konvensional yaitu cermah dan tanya jawab padatahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan disain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Grop Design. Tempat pcnelilian ini berlokasi di SMAN 2 Gorontalo subjeknya siswa kelas XI yang Berjumlah 128 Orang yang terbagi atas 4 kelas. Teknik Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data inferensial.
Hasil belajar geografi siswa yang diajar dengan menggunakan modul berbasis lingkungan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional ceramah,dan tanya jawab. Hal ini sesuai dengan kriteria pengujian terima H0 jika Fhitung £ Ftabel. Selanjutnya diperoleh Fhitung = 3,05 dan Ftabel = 1,67 dimana 3,05 > 1,67 , sehingga H0 jatuh pada daerah penolakan uji t.
Download berkas